Processor type baru

Perbedaan Haswell, Ivy Bridge, Sandy Bridge Pada Processor

Processor adalah komponen penting didalam Perangkat Komputer atau Laptop, sperti sebuah jantung pada tubuh Manusia, dimana pusat dari segala macam pemprosesan pada System Komputerisasi berada pada satu perangkat ini, dimana tekhnologi sebenarnya berada, berbeda jenis processornya berbeda pula kecepatan kerja dan Performanya. Processor mempunyai beberapa macam jenis dan type, sama dengan semua gadged pada umumnya dimana setiap tahun vendor- vendor merk laptop selalu mengeluarkan varian – varian baru dengan type dan kelebihan yang jauh lebih baik dari type sebelumnya, berikut jenis type Processor dari Intel yang bisa sedikit kami paparkan.
Istilah Tick dan Tock dalam pembuatan procesor Intel Haswell, Ivy Bridge dan Sandy Bridge
Setiap tahun Intel mengeluarkan type procesor baru. Tentunya dengan perbaikan dari procesor sebelumnya ke generasi selanjutnya dengan kode name yang berbeda pula dari generasi ke generasi berikutnya. Salah satunya adalah Haswell. Haswell adalah generasi ke 4, bagaimana dengan generasi ke 3 dari Ivy Bridge. Apakah generasi ke 3 sudah usang, apa beda Ivy Bridge dengan Haswell. Atau memang banyak perbedaan Haswell vs Ivy Bridge dan Sandy Bridge, ternyata tidak juga.

Istilah Tick Tock dalam pembuatan procesor
 Dalam dunia produksi Microprocesor dikenal istilah Tick Tock dimana setiap varian baru mempunyai ciri – ciri fisik lebih kecil dari microchip sebelumnya, dengan penjabaran istilah sebagai berikut :

Tick adalah pengecilan, procesor baru dibuat lebih padat dengan ukuran satuan (nm) lebih kecil. Tock adalah microprocesor jenis baru.
•    Ivy Bridge lebih kecil dari Sandy Bridge. Dari 32nm dipangkas menjadi 22nm.
•    Haswell masih bertahan seperti Ivy Bridge, tapi dibuat sedikit lebih hemat power. Khususnya untuk produk procesor mobile memang membutuhkan power yang hemat.


Perbedaan paling mendasar Ivy Bridge, Haswell, Sandy Bridge
•    Haswell adalah procesor Intel generasi ke- 4, memiliki fitur baru internal VGA (GPU) lebih cepat dari type sebelumnya.
•    Ivy Bridge adalah procesor Intel generasi ke- 3, memiliki fitur internal VGA (GPU) sedikit lebih cepat dari Sandy Bridge.
•    Sandy Bridge adalah procesor Intel generasi ke- 2, memiliki fitur internal VGA (GPU) sedikit lambat dari dua jenis Processor generasi ke- 3 dan generasi ke- 4, karena memang lebih tua dari dua processor tadi.

Secara keseluruhan, ketiganya berbeda kecepatan, antara 5-10% saja.
•    Procesor Sandy Bridge hanya dibuat sampai 3.3-3.4Ghz saja. Sedangkan Ivy Bridge dan Haswell berada di atas 3.4Ghz.
•    Procesor Sandy Bridge memiliki kecepatan paling rendah di speed. Hanya 1.6Ghz ketika idle dan tetap hemat power ketika untuk mengetik atau browsing saja. Sedangkan Haswell dan IvyBridge sudah dipatok kecepatannya diatas 2.3Ghz atau lebih.
Memang ada teknologi yang tertinggal di Ivy Bridge dibanding Haswell, khususnya kecepatan internal VGA

Motherboard Haswell berbeda dengan socket 1150
Ketika pemilik motherboard Sandy Bridge ingin mengupgrade ke Ivy Bridge, pemilik cukup mengupdate BIOS untuk motherboard dan procesor. Walau tidak semua motherboard bisa di upgrade. Tapi keduanya memiliki ukuran socket yang sama.
Khusus untik socket Haswell sedikit berbeda jadi bagi Pemilik type Ivy dan Sandy akan kesulitan apabila mengupgrade menjadi Haswell. Haswell sendiri, mengunakan Socket LGA 1150. Sedangkan Ivy Bridge dan Sandy Bridge memakai socket LGA 1155.

Haswell memiliki internal grafik lebih baik.
Fitur ini yang diandalkan Intel, internal VGA lebih cepat dari Ivy Bridge. Memungkinkan pengunaan internal VGA seperti performa VGA external di computer atau notebook. Intel menawarkan Iris dan Iris Pro yang lebih cepat. Perbaikan  berkisar antara 5-10 frame perdetik untuk resolusi 1366x768 di game 3D. Lebih hemat karena VGA berada di dalam procesor.
Internal GPU / VGA Haswell, paling cepat setara Nvidia GTX 8800GT atau 7600 GT atau HD 3670. Sedikit dibawah kemampuan ekternal VGA kelas entry level.

Kecepatan di perangkat mobile
Haswell memang cepat, tapi produsen memilih memperlambat untuk procesor mobile. Apple MacBook Air 13 inch mengunakan Core i5 1.8GHz untuk model 2012. Model 2013 malah diturunkan, dengan Haswell cukup 1.3Ghz Core i5. Kecepatan sama dengan model lama, tapi lebih hemat power. Untuk perangkat mobile seperti notebook, procesor baru lebih baik.

Pemakaian baterai pada perangkat notebook.
MacBook Air dan ultrabook mampu menghemat baterai lebih baik dengan Haswell. MacBook Air yang baru mampu bertahan selama 15 jam lebih dengan power baterai. 2x lebih lama dibanding model 2012. Sony VAIO Duo 13 dengan Haswell bisa bertahan hampir 9 jam, atau 2x lebih tahan dibanding model sebelumnya.

Ada perbedaan antara Haswell dan Ivy Bridge lainnya adalah :
Haswell memiliki sirkuit internal untuk voltage regulator dan sudah menjadi bagian chip itu sendiri. Fokusnya bekerja di suhu rendah dan hemat power. Baik untuk computer tipis atau tipe All in One.




Artikel Terkait



  • Gratis Download Aplikasi BBM untuk Laptop dan PC

    Gratis Download Aplikasi BBM untuk Laptop dan PC


    13/11/14
    Aplikasi BBM Ini adalah salah satu aplikasi berbagi pesan yang sangat populer sejak tahun 2007 lalu. Tapi di tahun 2013, datang sebuah berita gembira yang…
  • Mengenal Prosesor AMD

    Mengenal Prosesor AMD


    14/12/14
    Setelah kita membahas Processor Intel tentunya akan lebih seru jika kita membahas tentang AMD untuk mengetahui rival abadi dari Processor Intel. AMD atau kepanjangan dari…
  • Toko Laptop Bekas Online Terpercaya

    Toko Laptop Bekas Online Terpercaya


    12/11/14
    Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat kebutuhan akan teknologi juga semakin tinggi dari anak - anak sampai orang dewasa semuanya membutuhkan laptop atau notebook, ini…
  • Resiko Laptop Slim

    Resiko Laptop Slim


    22/12/14
    Laptop telah berkembang pesat baik secara performa maupun secara design, perombakan design pun semakin extreme, para produsen seakan berlomba - lomba memproduksi laptop kemampuan super…
  • Mengenal Prosesor Intel Core i3, i5, dan i7

    Mengenal Prosesor Intel Core i3, i5, dan i7


    10/12/14
    Apasih Prosesor Intel Core i3, i5, dan i7 itu ?Saat ini banyak sekali laptop yang memakai prosesor memakai keluaran Intel Core i. Ada yang dinamakan…

Site Switcher

+

Layout Style

Color Style

orange blue green brown red